Selasa, Juli 15, 2008

Ceramah + Perekam = eLearning

Sebut saja kemajuan, upaya peningkatan kualitas pendidikan di republik ini, bandingkan dengan metode pengajaran model lama, "ceramah", ya.. memaksakan untuk mencerna seluruh materi yang dilisankan, mengingat kualitas daya rekam peserta yang variatif, suasana yang kurang kondusif, memungkinkan hanya sebagian kecil saja yang terserap, ini lebih baik dari sekedar mengingat gerakan senam mulut belaka haha..

Menyadari kelemahan, diam-diam membawa alat perekam suara kedalam ruang pembelajaran, semua ucapan, helaan napas, batuk-batuk sang pemberi materi tertanam permanen mengisi gulungan pita perekam.

Disadari atau tidak, media elektronik mulai mempunyai peranan dalam pembelajaran, alat perekam efektif digunakan sebagai pembelajaran walau hanya versi "siaran ulang", tidak protes diputar berulang-ulang, kapan saja, dimana saja.. cocok juga diputar pada saat ujian, hehe..

Dewasa ini, marak istilah eLearning (pembelajaran elektronik). Selamat datang di dunia eLearning, dengan berbekal alat perekam suara, kamu menjadi bagian dari kancah pembelajaran elektronik.. walau bersifat sederhana...

-o0o-

0 komentar:

 


Selamat Datang! Terima kasih anda telah berkunjung ke blog ini, secara umum blog ini berisi tentang materi pembelajaran siswa SMK mata diklat Produktif Rekayasa Perangkat Lunak. Terdapat sebagian ataupun seluruh isi posting adalah kutipan, hal ini ditujukan untuk proses pembelajaran semata. Terima kasih.