Senin, Juli 07, 2008

Linux ubuntu, nyobain dong!

Posting terdahulu saya tulis tentang opensource, kemudian openoffice yang merupakan sistem aplikasi dari opensource, masih inget ga pengertiannya? Kali ini masih seputar itu, yang akan saya suguhkan tentang sistem operasi yang opensource. Sistem operasi apaan sih? Sistem operasi adalah sekumpulan program yang saling berinteraksi dalam mengelola segala sumber daya baik dari segi perangkat keras ataupun perangkat lunak, dan mampu memberikan fasilitas operasi yang sangat mendasar, seperti pengelolaan memori, penyimpanan file, pengaturan perangkat, akses jaringan, dan pengeksekusian berbagai program aplikasi lainnya. Bahasanya ribet ya? Pokoke, biasanya sistem operasi itu dijalankan pertama kali pada saat komputer dinyalakan setelah BIOS (Basic Input Output System), contohnya Windows, MacOS, Linux, Unix, dsb.

Trus knapa mesti Ubuntu? ok..ok, Ubuntu adalah salah satu varian atau sebut saja salah satu distro linux yang saat ini paling populer keberadaannya, kalo ga salah ubuntu pertama kali rilis tahun 2004 dan langsung meroket, kebanjiran peminat, milis-milis yang bahas ubuntu bermunculan bak jamur dimusim hujan, ubuntu mampu memupus bad images tentang linux, yang katanya sistem operasi yang susah digunakan.

Ubuntu dengan dukungan dari komunitas sukarelawan pecintanya dan dari tenaga ahli profesional, dilengkapi dengan lebih dari 16.000 buah perangkat lunak, telah mampu bersaing dengan sistem operasi yang berbayar sekalipun. Hal ini tidak terlepas dari seorang Afrika Selatan, Mark Shuttleworth pemilik Canonical Ltd. yang terus mendukung segala aktivitas ubuntu sampai saat ini, termasuk mengirimkan CD instaler ke rumah kamu secara cuma-cuma alias gratis. Ga percaya? klik disini.

Menarik untuk diinforamsikan bahwa "ubuntu" bukan dibaca "yubuntu" seperti yang saya lakukan pertama kali, ternyata ubuntu ya ubuntu, berasal dari bahasa kuno Afrika yang berarti "rasa perikemanusian terhadap sesama manusia" atau "aku adalah aku karena keberadaan kita semua", nah semangat inilah yang diharapkan tercurah kedalam dunia perangkat lunak. Filosofinya seperti ini, bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya, bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik, dan bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mengubah perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

Beberapa komitmen dari ubuntu diantaranya:
* Ubuntu akan selalu bebas dari biaya
* Ubuntu dirilis secara tetap setiap enam bulan, setiap rilis akan didukung perbaikan sekurangnya 18 bulan.
* Ubuntu akan menyertakan terjemahan dan prasarana aksesibilitas
* Ubuntu mendorong untuk menggunakan perangkat lunak bebas dan open source, lalu memperbaikinya dan kemudian menyebarkannya kembali.

Ubuntu mampu berjalan pada arsitektur komputer seperti PC (Intel x86), PC 64-bita (AMD64), PowerPC (Apple iBook dan Powerbook, G4 dan G5), Sun UltraSPARC dan T1 (Sun Fire T1000 dan T2000).

Nyoba yoo! mudah koq, dijamin segala aktifitas kita bisa terpenuhi, tampilan keren, support perangkat ok, multimedia asyik, nih saya kasih screen shoot desktop ubuntu on my presi



nyoba! dulu, dijamin bikin ketagihan..!

-o0o-

(sumber : www.ubuntu.or.id | gudanglinux.net)

0 komentar:

 


Selamat Datang! Terima kasih anda telah berkunjung ke blog ini, secara umum blog ini berisi tentang materi pembelajaran siswa SMK mata diklat Produktif Rekayasa Perangkat Lunak. Terdapat sebagian ataupun seluruh isi posting adalah kutipan, hal ini ditujukan untuk proses pembelajaran semata. Terima kasih.