Rabu, Juli 02, 2008

Pengertian OpenSource?

Mungkin kamu sering mendengar istilah 'OpenSource' terutama dikalangan Teknologi Informasi(TI), sebenarnya apa sih artinya? Kalo dikaji dari arti katanya 'Open' berarti 'Buka/Terbuka' dan 'Source' artinya 'Sumber', jadi OpenSource berarti sumber yang terbuka.

Kalo pengertian secara TI mungkin begini
OpenSource adalah software ataupun bahasa pemrograman yang tidak berlisensi, tersedia secara bebas/gratis, boleh digunakan oleh siapa saja disertai dengan kode-kode program yang dapat dibuka dan dipelajari alur kerjanya, sehingga diperbolehkan untuk bebas diubah dan dikembangkan guna memperbaiki kelemahan- kelemahan yang terjadi.

Apa tujuan orang membuat program opensource? Biasanya program opensource dibuat oleh para programmer yang bukan berasal dari kalangan komersil, bisa dari siswa, mahasiswa, dosen, yayasan, atau perusahaan yang melakukan penelitian, yang tidak menutup kemungkinan buah karyanya kemudian dilisensikan. Kehadiran opensource banyak membantu terutama bagi mereka yang keberatan untuk membeli mahalnya program-program yang berlisensi.

Saat ini, gaung opensource semakin membahana luas diseluruh penjuru dunia termasuk di republik tercinta ini, hampir semua kebutuhan aktivitas TI telah terpenuhi, dari mulai sistem operasi seperti Unix/Linux dengan berbagai varian distro, dan juga berbagai aplikasi menarik lainnya mulai dari aplikasi perkantoran, multimedia, desain grafis, networking, game, dan lain sebagainya.

OpenSource adalah program 'kacangan', mungkin! itu dulu, lain dulu lain sekarang, program opensource akhir-akhir ini menawarkan berbagai fitur yang menawan baik dari segi tampilan, kehandalan, keamanan, tidak kalah dibanding dengan program-program yang berbayar. Hal ini terjadi, karena semakin besarnya andil dari para programer diseluruh dunia dalam meramaikan jagat opensource, mereka bahu membahu saling melengkapi dan memperbaiki, terus mengembangkan sehingga diharapkan opensource tidak hanya sebagai alternatif tapi akan menjadi program yang favorit.

Saatnya kamu
nyoba! Untuk sistem operasi bisa menggunakan varian distro linux seperti ubuntu, openSUSE, PCLinuxOS yang keberadaannya semakin populer, sedangkan urusan perkantoran, percayakan pada OpenOffice.

selamat mencoba!!

-o0o-

0 komentar:

 


Selamat Datang! Terima kasih anda telah berkunjung ke blog ini, secara umum blog ini berisi tentang materi pembelajaran siswa SMK mata diklat Produktif Rekayasa Perangkat Lunak. Terdapat sebagian ataupun seluruh isi posting adalah kutipan, hal ini ditujukan untuk proses pembelajaran semata. Terima kasih.